berita menarik & tips kesehatan

Inilah Sosok Jin Qorin [Pendamping Manusia] Beginilah Cara Melihatnya!

Tiap-tiap manusia di dunia ini nyatanya memiliki Jin Pendamping atau dimaksud Qorin. Jin Qorin umumnya memiliki muka, hoby, serta karakter yang sama juga dengan manusia yang didampinginya. Ada yang mengatakan kalau Jin Qorin yaitu kembarannya kita yang berwujud ghaib yang senantiasa ada mengikuti kita. Cuma saja sebagai manusia kita tidaklah bisa lihat rupa wujudnya dengan cara instan.



Lantas apa argumen Qorin ini mengikuti kita? Lantaran Qorin yaitu adalah setan dari kelompok Jin, jadi tugasnya yaitu menggoda serta menyesatkan manusia yang didampinginya. Ia memerintahkan kita untuk lakukan kemungkaran serta meremehkan hal yang ma’ruf, seperti dalam firman Allah SWT :
الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِالْفَحْشَآءِ وَاللهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلاً وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Setan menjanjikan kefakiran untuk kalian serta memerintahkan kemungkaran. Sesaat Allah menjanjikan ampunan serta karunia dari-Nya. Allah Maha Luas lagi Maha Tahu. ” (QS. Al-Baqarah : 268)
Walau demikian, bila Allah memberi karunia pada hamba-Nya berbentuk hati yang baik, jujur, senantiasa tunduk pada Allah, lebih inginkan akhirat serta tak mementingkan dunia jadi Allah bakal menolongnya supaya tak dipengaruhi masalah jin ini, hingga dia tak dapat menyesatkannya. (Majmu’Fatawa, 17 : 427)

Dalam al-quran surat Zukhruf dijelaskan tentang Qarin yang berarti : Siapa saja yang berpaling dari pengajaran Al-Quran, kami selenggarakan baginya setan (yang menyesatkan), jadi setan tersebut sebagai qarin, serta sebenarnya mereka benar-benar menghambat mereka dari jalan serta mereka menganggap kalau mereka memperoleh panduan.

Prof. Dr. Quraish Shihab dalam tafsir Al-Mishbah menjelaskan pemakaian bentuk tunggal untuk kata qarin dalam ayat diatas menyaratkan kalau tiap-tiap orang yang malas ikuti tuntunan agama bakal memiliki qarin. Ini berlangsung untuk perseorangan, bukannya sekelompok yang peroleh satu qarin dengan cara berbarengan. Maknanya yaitu kalau dalam setiap tubuh kita tentu ada Qarinnya.

Qarin berikut yang bakal memengaruhi iman kita pada jalan yang sesat. Tetapi bila kita memiliki iman yang kuat sehingga godaan itu bakal gampang kita hadapi. Di bawah ini sebagian dalil yang menunjukkan ada Qarin: Firman Allah SWT dalam Surat Qaf Ayat 27

قال قرينه ربنا ما أطغيته ولكن كان في ضلال بعيد

"Yang mengikuti manusia berkata:" Ya Tuhan kami, saya tak menyesatkannya namun dialah yang ada dalam kesesatan yang jauh. "(QS. Qaf: 27)

Satu tafsir dari Ibnu Katsir menyebutkan sebenarnya Ibnu Abbas radhiallahu 'anhu, Mujahid, Qatadah serta sebagian ulama yang lain menyampaikan," Yang mengikuti manusia yaitu setan yang ditugasi untuk mengikuti manusia. "(Tafsir Ibnu Katsir, 7: 403) Hadis Nabi shallallahu 'alaihi wa

Share :

Facebook Twitter Google+
1 Komentar untuk "Inilah Sosok Jin Qorin [Pendamping Manusia] Beginilah Cara Melihatnya!"

Artikel ny gk jelas...!! Di dini di jelas kn pngertian tntang jin Qorin bukan cara melihat ny..
Smntra judul di atas mnjlas kn tntang cata melihat ny..
Artikel gk konsekuen...

Back To Top